Puting Beliung di Perairan Merak, Ini Kata BMKG

1441

CILEGON, BCO.CO.ID – Kemunculan angin puting beliung di Perairan Merak atau tepatnya dekat dengan Pulau Merak Kecil, Kota Cilegon, sempat membuat heboh warga yang berada di pantai. Pasalnya, pusaran angin yang membuat langit menjadi hitam itu tampak berputar-putar di dekat kapal yang tengah bersandar.

Sridawati, salah seorang pedagang yang berada di tepi pantai menjelaskan, peristiwa kemunculan angin puting beliung tak sempat menerjang daratan. Namun, pusaran tersebut cukup lama terjadi hingga 10 menit. “Tadi di dekat pulau aja enggak sampai ke darat, lumayan tinggi pusarannya,” ujar Sridawati, Jum’at 18 Juni 2021.

Dikatakan, besarnya pusaran angin puting beliung itu sontak membuat warga sekitar heboh hingga berduyun-duyun menyaksikan fenomena alam tersebut. “Banyak yang pada nonton, tadi kejadiannya sebelum hujan,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Serang Tarjono mengatakan, fenomena kemunculan angin puting beliung itu disebabkan oleh awan Cumolonimbus diatas wilayah Perairan Merak.”Puting beliung yang terjadi diatas air atau lautan disebut waterspout,” kata Tarjono singkat. []

0Shares