Bawa Benur, Dua Warga Lampung Dibekuk TNI AL di Pelabuhan Merak

1223

CILEGON, BCO.CO.ID – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 77 ribu ekor benur alias benih lobster yang akan diseberangkan ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak. Penggagalan penyelundupan itu bermula ketika petugas mendapat informasi adanya kendaraan Toyota Kijang Inova berwarna B 2029 PBC membawa puluhan ribu benur tersebut pada hari Rabu subuh, 09 Juni 2021.

Selain mengamankan barang bukti, petugas juga menangkap dua tersangka berinisial HP dan PS warga Lampung yang membawa benur-benur itu di dalam mobilnya.

Danlanal Banten Kolonel Laut (P) Budi Iriyanto menjelaskan, keberhasilan pengungkapan 77 ribu benur yang dikemas dalam 14 boks styrofoam atas kerjasama yang dibangun dengan sejumlah elemen. “Ada 77 ribu yang akan disebrangkan ke Lampung dan akan diselundupkan ke Vietnam. Kami amankan pelaku sebanyak 2 orang yaitu inisial HP dan PS,” kata Kolonel Laut (P) Budi Iriyanto, saat melakukan ekspose di Mako Lanal Banten, Rabu 09 Juni 2021.

Diungapkan, kerugian negara akibat kasus tersebut ditaksir mencapai Rp7,8 miliar. “Yang bersangkutan tidak memiliki dokumen resmi dan taksiran kerugian negara mencapai Rp7,8 miliar,” terangnya. []

0Shares