Basarnas Banten Miliki Kapal Baru Seharga Rp50 Miliar

857

CILEGON, BCO.CO.ID – Guna mempermudah pencarian ketika terjadi kecelakaan laut, Basarnas Banten meluncurkan kapal canggih terbaru buatan dalam negeri seharga Rp50 miliar.

Kapal yang diberi nama KN Tetuka ini akan memperkuat alat pencarin Tim SAR Banten dengan spesifikasi serta dilengkapi peralatan canggih yang mampu berlayar dengan kecepatan 29 knot serta memiliki jangkauan sonar dalam air 300 meter.

“Mengingat di Provinsi Banten ini daerah penyeberangan, arusnya kuat kemudian potensi terjadinya bencana juga ada. Jadi memang kami dari Basarnas sudah memberikan keputusan untuk menambahkan kekuatan kapal kita,” kata Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) kepada wartawan, di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Senin 14 Juni 2021.

Dijelaskan, KN Tetuka itu dibuat di Batam oleh PT Malindo Marine dan PT KAS yang memiliki kecepatan hingga 29 knot dan bahkan mampu memberikan pertolongan apabila ada kapal yang mengalami kebakaran. “Semuanya digitalize dan memudahkan kita juga untuk mencari menemukan korban musibah dengan cukup memebrikan data koordinat di permukaan laut kita langsung bisa mengarahkan kapal kita menuju kesana,” paparnya.

Masih kata Henri, penggunaan kapal tipe 40 atau tipe medium itu sangat ideal digunakan di Banten lantaran melihat kondisi ramainya lalu lintas laut di wilayah barat Pulau Jawa tersebut. Selain itu, kapal ini juga merupakan kontrak tahun 2020, dimana Basarnas telah memesan enam unit kapal dengan spesifikasi serupa. “Kapasitas kapal untuk evakuasi bisa sampai 50 korban, untuk ABK sekitar 15 orang kalau tidak salah termasuk tim rescuernya,” pungkasnya. []

0Shares