Manfaatkan Pandemi, Pemuda di Ciwandan Kembangkan Produksi Handsanitizer

1025
Pemuda Generasi Biru menunjukan handsanitizer karya mereka kepada Abadiyah, Kepala Disperindag Cilegon, Senin 15 Februari 2021.

CILEGON, BCO.CO.ID – Sekumpulan Pemuda yang tergabung dalam wadah Generasi Biru (Generasi Bersih, Indah, Ramah, dan Unggul), Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, tetap berkreasi dengan menciptakan usaha sederhana berbasis Industri Kecil Menengah. Pemuda Generasi Biru ini memanfaatkan kondisi yang masih pandemi untuk tetap berpenghasilan dengan cara memproduksi Handsanitizer atau cairan sterilisasi.

“Kami membuat handsanitizer itu berawal dari niatan membantu masyarakat yang kesusahan membeli handsanitizer. Ternyata respons dari masyarakat antusias sehingga saya dan teman-teman yang tergabung dalam wadah Generasi Biru bersepakat mengembangakan usaha pembuatan handsanitizer,” ujar Ilham Setiabudi, Ketua Generasi Biru, usai menemui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Gedung Graha Edhi Praja, Senin 15 Maret 2021.

Ilham mengungkapkan, IKM Generasi Biru bertujuan mengurangi angka pengangguran di Kota Cilegon. Meski begitu, pihaknya menyadari industri di Kota Cilegon tidak sebanding dengan angka pengangguran yang semakin tahun semakin bertambah. “Maka itu kami Generasi Biru membuat inovasi terbaru dengan cara mengembangkan industri kecil menengah (IKM) agar meskipun tidak bekerja di pabrik tetapi masih bisa tetap berpenghasilan,” jelasnya. “Tentunya ini semua butuh kerja sama pihak pemerintah dan pihak industri untuk membantu menyediakan alat yang mumpuni dan pasar untuk kami bisa tetap berkarya,” lanjut Ilham.

Disinggung soal kedatanganya ke Disperindag Kota Cilegon, Ilham menuturkan, hal tersebut untuk meminta dukungan sekaligus izin agar usaha pengembangannya mendapat legalitas dari pemerintah daerah. “Alhamdulilah dari hasil kedatangan kami ke Disprindag. Pihak Disprindag merespon positif dan langsung memberikan izin kepada kami untuk mengembangkan usaha handsanitizer,” terangnya.

Kepala Disperindag Kota Cilegon Abadiyah menanggapi positif langkah dari para pemuda yang tergabung dalam wadah Generasi Biru tersebut. Menurutnya, usaha pengembangan ini patut ditiru pemuda lainnya di Kota Cilegon. “Saya selaku pemerintah mendorong kepada mereka agar lebih mengembangkan usahanya. Semoga usaha yang digelutinya berhasil dan bisa menjadi contoh bagi para pemuda lain, bahwa di tengah pendemi Covid-19 bukan alasan untuk tidak berinovasi,” katanya. []

0Shares