Iklan Ucapan

Tambah Jalur, Warga Gerem Gotong Royong Bangun Jalan Alternatif

1086

CILEGON.BCO.CO.ID – Sejumlah warga RW 05 Lingkungan Gerem Bayur, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, bergotong royong membuka lahan untuk dijadikan jalan alternatif untuk menunjang akses warga di lima kampung.

Pembuatan jalan alternatif ini sudah dua bulan lebih dilakukan oleh warga. Dan kini, kondisinya hampir 70 persen.

Iklan Ucapan

Salah seorang warga Gerem Bayur, Sapri menyampaikan, pembuatan jalan ini dilakukan atas dasar inisiatif warga karena tidak mau terpaku pada satu akses jalan saja. Selain itu, banyak manfaat apabila ada jalan tambahan untuk menunjang aktivitas perekonomian warga sekitar.

“Karena tadi itu, kita tidak ingin terpakau pada satu akses yang biasa dilewati. Kalau ada akses tambahan artinya ada jalan lain yang bisa digunakan untuk melintas,” kata Sapri, kepada BCO Media, Rabu 03 November 2021.

Ia menuturkan, lahan yang digunakan untuk pembuatan jalan ini merupakan kebun milik warga dan telah disetujui oleh para pemiliknya untuk dijadikan akses jalan alternatif. “Saat ini kondisinya sudah 70 persen, dengan panjang jalan hampir 2 kilometer,” terangnya.

Lebih lanjut, Sapri beralasan, dibangunnya jalan di wilayah ini sebagai sarana mempermudah akses. Pasalnya, akses jalan di wilayah Kelurahan Gerem sendiri kondisinya sempit untuk dilintasi.

“Supaya lebih mudah aja, karena jalan disini kan sempit, jalau ada kendaraan roda empat misalnya kita harus antre nunggu giliran. Nah kalau ada jalan baru kan lebih mudah da nada pilihan kemana akses yang akan ditempuh,” pungkas Sapri.

Senada, Lurah Gerem Deny Yuliandi menyampaikan, pembuatan jalan baru tersebut diakuinya sudah lama diinginkan oleh warga sekitar. Pihaknya juga dibantu DPUTR Cilegon untuk membuka lahan tersebut. Selain itu jika sudah selesai dilakukan pembukaan jalan ini, pihaknya bakal melakukan rekayasa lalu lintas agar kepadatan kendaraan di wilayah ini bisa diurai.

“Kalau sudah selesai kita ada rencana untuk membuat rekayasa lalu lintas, nanti yang utamanya untuk masuk dan yang baru untuk keluar,” ujar Deny Yuliandi.

Tahap lain pun dilakukannya untuk pengerasan jalan menggunakan paving blok yang saat ini sudah mencapai 130 meter. “Pokmas melakukan pengerasan yang saat ini sudah 130 meter, mudah-mudahan bisa cepat selesai sehingga mempermudah akses warga,” pungkasnya. []

0Shares