Puluhan Orang Baik Mendaftar Jadi Relawan di RSUD Cilegon

1298

CILEGON, BCO.CO.ID – RSUD Kota Cilegon secara bertahap melakukan seleksi administrasi calon Relawan Covid-19 untuk membantu percepatan penanganan di rumah sakit milik Pemkot Cilegon ini. Sejumlah Tim Seleksi RSUD Kota Cilegon tampak mulai melakukan seleksi untuk pelamar relawan tenaga kesehatan secara bertahap yang sudah masuk secara online.

Sekretaris Tim Seleksi Relawan Tenaga Kesehatan RSUD Cilegon Faruk Oktavian memaparkan, para pelamar dari calon relawan itu dilakukan bertahap sebagai pencegahan kerumunan.

“Nama-nama dinyatakan lulus seleksi administrasi dan memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi wawancara akan dihubungi oleh bagian kepegawaian, untuk dapat hadir langsung. Tes tertulis dan wawancara dilakukan secara bertahap mengingat kondisi kasus Covid-19 di Kota Cilegon sedang meningkat,” terang Faruk, kepada wartawan, Jumat 16 Juli 2021.

Dijelaskan, saat ini para pelamar sudah masuk 39 calon perawat dan 2 orang dokter yang melamar menjadi relawan. Karena dibutuhkan cepat, lanjut Faruk, pihak manajemen RSUD pun menerapkan kebijakan langsung verifikasi administrasi oleh tim seleksi. “Kita berharap minggu depan mereka sudah orientasi dan pembekalan-pembekalan sebelum mereka masuk menjadi garda terdepan. Kalau kebutuhan, 33 perawat dan 3 dokter,” katanya.

Sementara itu, Plt Direktur RSUD Kota Cilegon Ujang Iing mengatakan, rekruitmen tenaga kesehatan ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa Dan Bali dan keputusan Walikota Cilegon Keputusan Walikota No. 360/Kep.150-BPBD/2021 tentang PPKM di Kota Cilegon. Selain itu, perekrutan relawan juga diakibatkan banyaknya tenaga kesehatan di rumah sakit ini yang terpapar Covid-19 sehingga dibutuhkan tenaga kesehatan cadangan untuk melayani pasien.

“Relawan ini akan ditempatkan di ruang Isolasi Covid-19 tepatnya di ruang Alamanda, mereka akan dibekali berupa pelatihan oleh Komite Keperawatan dan Komite Medis RSUD Kota Cilegon,” jelas Ujang Iing. []

0Shares