Warga Isoman Dapat Sembako, Sanuji Minta Bantuan Harus Tepat Sasaran

691

CILEGON, BCO.CO.ID – Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta meminta Dinas Sosial Kota Cilegon, untuk menjalin komunikasi dengan pihak RT/RW, serta kelurahan dan kecamatan perihal penyaluran bantuan bahan makanan untuk warga yang menjalani isolasi mandiri (Isoman) karena positif Covid-19 di rumahnya masing-masing.

“Saya juga minta RT dan RW serius mengusulkan bantuan bagi warga atau keluarga yang menjalani isoman dengan data yang valid, sehingga pengusulan dan pemberian bantuan tepat sasaran,” kata Sanuji, kepada wartawan, Jumat 09 Juli 2021.

Melansir data Dinas Kesehatan Kota Cilegon per 08 Juli 2021, sebanyak 1.147 orang warga Cilegon positif Covid-19 dan 50 orang dirawat di Trans Hotel. Sementara sisanya, yakni sebanyak 1.097 orang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.
Untuk warga Kota Cilegon yang positif Covid-19 dan terpaksa harus menjalani isoman di kediamannya. Selain itu, pada saat PPKM Darurat Covid-19 warga yang menjalani isolasi mandiri itu akan mendapat bantuan sembako dari Pemkot Cilegon yang disalurkan melalui dinas sosial.

Dituliskan dalam Surat Edaran Nomor: 460/663/DINSOS/2021, bantuan sembako untuk warga yang menjalani isolasi mandiri itu berupa beras 5 kilogram, mie instan 10 bungkus, ikan kaleng (Sarden) 155 gram dua kaleng dan kecap 135 mililiter sebanyak 2 botol, dan akan diterima oleh keluarga yang menjalani isolasi mandiri.

Dari SE Dinas Sosial itu, warga yang sedang isolasi mandiri akan mendapat paket bahan makanan setelah diajukan oleh RT/RW tempat mereka tinggal, melalui lurah setempat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan yaitu melampirkan foto copy kartu keluarga (KK), serta bukti hasil tes swab rapid antigen atau PCR yang dinyatakan positif.

Terpisah, Kepala Dinsos Kota Cilegon Achmad Jubaedi mengatakan, buffer stock sepanjang tahun sebanyak 3.000 paket. Pihaknya juga telah menyediakan 1000 paket sembako dan juga bisa ditambah. “Selama PPKM Darurat Covid-19, ready buffer stock bahan makanan sebanyak 1.000 paket, dan itu bisa ditambah,” ujar Achmad Jubaedi.

Ia juga mengaku bahwa saat ini data keluarga calon penerima bantuan bahan makanan dari beberapa kelurahan sudah masuk ke Dinas Sosial Kota Cilegon. Kemudian, pihaknya juga sedang melakukan verifikasi data-data tersebut dan rencananya bantuan bahan makanan segera disalurkan kepada keluarga yang sedang isoman pada senin mendatang. []

0Shares