Iklan Ucapan

Damkar Cilegon Evakuasi Ular Sanca di Bak Mandi Milik Warga Cibeber

838

CILEGON.BCO.CO.ID – Tim Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Cilegon mengevakuasi seekor ular sanca sepanjang dua meter yang berada di dalam bak mandi rumah warga di Lingkungan Cibeber, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon, Kamis 18 November 2021.

Ular tersebut pertama kali diketahui Yudi, pemilik rumah saat sedang memandikan ayamnya di ruangan tersebut. Yudi mengaku kaget, lantaran kepala ular muncul secara tiba-tiba dari dalam air bak mandi.

Iklan Ucapan

“Lagi mandiin ayam, tiba-tiba kepalanya muncul, emang waktu dimandiin itu ayam ngamuk terus enggak kayak biasanya,” kata Yudi, kepada BCO Media di lokasi.

Ia mengungkapkan, tidak mengetahui dari mana ular itu berasal. Diduga ular tersebut berada di bak mandi ini sewaktu malam hari ataupun pagi tadi. “Kemarin juga saya mandiin ayam enggak ada, mungkin malam atau pagi tadi,” ujarnya.

Karena adanya hewan reptil melata di dalam bak mandinya, Yudi langsung melaporkan temuah satwa liar ini ke pihak Damkar Cilegon. Petugas yang datang langsung melakukan evakuasi menggunakan alat penjepit ular. Diduga, ular ini telah memangsa tikus lantaran bagian perutnya membuncit. “Mungkin abis makan tikus atau apa,” ucap Nanung Eko Siswanto, Kasie Ops Pemadam dan Kesiapsiagaan pada DPKP Kota Cilegon.

Eko menambahkan, ular tersebut selanjutnya dibawa ke Kantor Damkar Cilegon untuk dirawat sebelum dilepasliarkan atau diberikan kepada komunitas reptil. Karena saat sudah memasuki musim penghujan, lanjut Eko, ia mengimbau warga untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, satwa liar seperti ular menyukai lokasi-lokasi tertentu yang dianggap tidak terlalu penting untuk dibersihkan.

“Karena saat ini sudah memasuki musim hujan, untuk warga agar senantiasa menjaga kebersihan. Karena banyak lokasi atau tumpukan-tumpukan barang dan sampah yang sering digunakan ular untuk berlindung, nah ini yang kita khawatirkan karena takut terjadi apa-apa,” pungkasnya. []

0Shares