Tuntut Kompensasi Serangan Kutu, Warga Cigading Geruduk Pabrik Tepung

1571

CILEGON, BCO.CO.ID – Puluhan warga Lingkungan Cigading, Kelurahan Tegal Ratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, menggeruduk pabrik tepung milik PT Nutrindo Bogarasa yang merupakan anak usaha PT Mayora Tbk karena persoalan serangan ribuan kutu atau serangga yang dianggap berasal dari perusahaan ini, Selasa 14 September 2021.

Puluhan massa ini menuntut kompensasi akibat serangan ribuan kutu yang masuk ke permukiman penduduk dan dianggap meresahkan karena kerap mengganggu aktivitas warga setempat.

Dalam aksi tersebut, puluhan massa ini terpantau membawa spanduk bertuliskan ‘Masyarakat Menggugat Mayora’ serta menabuh sejumlah perabota rumah tangga sebagai simbol semangat perlawanan kepada pihak perusahaan. Selain itu, ada juga puluhan racun serangga yang dipajang di depan pabrik ini sebagai aksi protes masyarakat sekitar.

Silfa, salah seorang masyarakat sekitar mengungkapkan, jika serangan kutu dari pabrik ini tidak hanya dirasakan warga yang berada dekat dengan kawasan pabrik. “Bukan cuma satu dua rumah, tapi banyak,” kata Silfa.

Ia mengaku, kompensasi berupa racun serangga yang diberikan manajemen perusahaan tidak berimbas bagi masyarakat sekitar karena diresahkan oleh kutu tepung itu. Selama ini, lanjut Silfa, masyarakat selalu diam meskipun sempat ada rumah warga yang terkena dampak pembangunan pabrik.

“Buat apa semprotan (Racun Serangga-Red), kita enggak butuh itu. Seharusnya ada kompensasi buat masyarakat, kalau kutu ini ada yang masuk ke telinga, ada yang masuk ke makanan,” terangnya.

Aksi demonstrasi warga berhasil diredam saat kepolisian dari Polsek Ciwandan tiba untuk mengamankan aksi tersebut. []

0Shares