Hari Ini 9 Tahun BCO dan Sekilas Perjalanannya

273

CILEGON.BCO.CO.ID – Hari ini Sabtu 27 Februari 2021, tak terasa sudah 9 tahun BCO hadir menyajikan informasi untuk sahabat semua. Bermula pada 27 Februari 2012, @fauzialbarra bersama beberapa tim membangun sebuah media online beritacilegon.com setelah sebelumnya resign sebagai redaktur di sebuah media cetak ternama di Banten. Ini setelah memprediksi akan terjadinya migrasi khalayak pembaca dari media konvensional ke digital.

Dan benar saja, beberapa tahun setelahnya, media online menjadi perhatian publik. Bahkan banyak media mainstream juga kemudian menyajikan informasi melalui media online.

Bersamaan dengan membangun media online, founder BCO membuat page di platform media sosial Facebook dengan nama Berita Cilegon Online (BCO). Page tersebut dibangun karena Fauzi Albarra sadar tentang konvergensi media yang saat itu ditandai dengan mulai munculannya geliat publik menggunakan media sosial. Terbukti, kini publik lebih nyaman mendapat informasi melalui media sosial.

Seiring waktu berjalan, likers terus bertambah dan saat ini Page Facebook Berita Cilegon Online (BCO) sudah memiliki hampir 150.000 pengikut. Untuk populasi Kota Cilegon, jumlah itu mungkin cukup untuk informasi tersebar secara merata ke setiap pelosok.

Beberapa tahun kemudian media sosial Instagram mulai diperbincangkan di Kota Cilegon, meskipun sekalanya belum ramai. Pada tahun 2015, BCO mencoba membuat akun instagram @beritacilegon. Waktu itu belum paham bagaimana menggunakannya. Tiga tahun terbengkalai, akhirnya awal 2018 mulai dipelajari dan fokus digarap.

Karena konvergensi media, BCO berpikir untuk tidak saja menyajikan informasi melalui media online, tetapi juga media sosial, baik facebook maupun instagram. Kami bersyukur, informasi yang kami sajikan dapat diterima publik ditandai dengan jumlah follower IG @beritacilegon yang terus bertambah hingga mencapai 102.000 pada saat ini. Untuk wilayah Serang, kami juga buat akun instagram @bco.serang yang kini sudah 15.800 follower.

Platform media sosial YouTube juga kemudian ramai dan BCO juga harus hadir dan tidak boleh tertinggal. Ada dua channel YouTube yang dikelola, yaitu BCO Media (47.000 Subscriber) dan BCO TV (7.000 subscriber). Tujuan kami adalah menyajikan informasi dari segala arah. Mungkin hanya Twitter yang kami tidak fokus.

Terkait media online beritacilegon.com, kami ubah menjadi bco.co.id karena berdasar hasil survei kami, publik lebih nyaman menyebut BCO. Nama BCO ini yang kemudian menjadi brand kami.

Tahun 2021 ini kami ingin, tidak hanya menyajikan informasi seputar Kota Cilegon kepada sahabat BCO, tetapi juga informasi dari daerah lain. Untuk mendukung tujuan itu, kami akhirnya membangun sejumlah media online dengan konsep BCO Media Network.

Teknisnya dengan menjadikan bco.co.id sebagai berita nasional dan daerah lain di Indonesia. Untuk khusus informasi seputar Kota Cilegon kami siapkan cilegon.bco.co.id dan seputar wilayah Serang ada serang.bco.co.id, kemudian pandeglang.bco.co.id untuk berita seputar wilayah Pandeglang.

Ke depan kami ingin membangun media preneur, mengajak sahabat BCO sebagai partner kami untuk mengembangkan media online yang secara khusus membahas rubrik tertentu. Misalnya khusus otomotif, bisnis, teknologi, olahraga, wanita, lifestyle, komunitas, pendidikan, opini, wisata, dll.

Di usia 9 tahun ini, kami Tim BCO menyampaikan terima kasih atas kesediaan sahabat BCO untuk tetap setia menjadi pembaca informasi yang kami sajikan. Kami juga memohon maaf jika selama ini belum dapat memberikan kepuasan bagi sahabat semua. Kami sudah berusaha sekuat tenaga hingga stand by 24 jam dan terus bermimpi lebih baik lagi sebagai pelayan informasi.

Mungkin ada laporan warga yang telat respons atau terlewat, baik melalui DM instagram maupun inbok facebook, karena memang informasi yang masuk setiap hari banyak dan aktivitas kami padat. Setiap hari kami menerima laporan warga, mencari dan menulis berita, membuat konten video dan mengeditnya hingga mempublish berita di setiap platform media yang kami sebutkan di atas.

Sekali lagi kami mohon maaf. Terus dukung dan ingatkan kami agar tetap menjadi yang terbaik di hati sahabat BCO semua. Terima kasih juga untuk Tim BCO yang tanpa lelah dan tetap semangat. Kalian is the best!

0Shares