Gubernur Banten Perintahkan Kepala Daerah Tutup Lokasi Wisata

1218
Dokumentasi BCO Media di salah satu destinasi objek wisata pantai

CILEGON, BCO.CO.ID – Gubernur Banten Wahidin Halim mengeluarkan instruksi yang memerintahkan kepala daerah di Provinsi Banten untuk menutup sementara lokasi wisata ditengah Pandemi Covid-19 tahun kedua ini.

Perintah tersebut tertuang dalam surat Intruksi Gubernur bernomor 556/901-DISPAR/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 di Provinsi Banten, yang langsung ditandatangani orang nomor satu di Banten itu pada Sabtu 15 Mei 2021.

Dikutip dalam Instruksi Gubernur tersebut, Wahidin Halim menilai penutupan lokasi wisata sudah sesuai dengan hasil monitoring mengenai perkembangan wisatawan di sejumlah destinasi yang terdapat di seluruh daerah di Banten dalam dua hari terakhir. Yakni, 14-15 Mei 2021. “Hasil monitoring tersebut mengindikasikan terdapat antusiasme kunjungan wisatawan telah menimbulkan kerawanan yang ditandai dengan terjadinya pelanggaran protokol kesehatan di sejumlah destinasi wisata,” tulis Intruksi Gubernur Banten.

Oleh sebab itu, banyaknya pelanggaran protokol kesehatan akibat antusiasme warga yang berkunjung ke sejumlah destinasi wisata ini berpotensi dapat menimbulkan resiko meningkatnya penyebaran Covid-19 di daerah yang ada di Banten.

Kebijakan tersebut juga telah merujuk pada aturan yang berdasarkan, Perda Provinsi Banten Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Penanggulangan Covid-19, Pergub Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Pergub Nomor 45 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Pergub Nomor 38 Tahun 2020 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, serta Pergub Banten Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Standar Operasional Prosedur Penegakan Penanggulangan Covid-19. “Berkaitan dengan hal diatas, kepada Bupati/Walikota se-Provinsi Banten, diminta untuk menutup sementara destinasi pariwisata di wilayahnya muali tanggal 15 Mei 2021 Pukul 21.00 WIB sampai 30 Mei 2021,” pungkasnya.

Intruksi Gubernur ini juga turut ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Kesehatan, Menparekraf, dan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Nasional. []

0Shares