Genjot Industri Pariwisata, Pekerja Hotel dan Restoran Ikuti Uji Kompetensi

131

CILEGON, BCO.CO.ID – Persatuan Hotel dan Restoran (PHRI) Kota Cilegon yang bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) serta Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Hospitality Cakrawala Indonesia (HCI) menggelar uji kompetensi bagi 150 karyawan hotel dan restoran di Hotel Gondang Cilegon, Senin 05 April 2021.

Walikota Cilegon Helldy Agustian mengatakan, uji kompetensi karyawan hotel dan restoran diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan standarisasi pelayanan hotel dan restoran di Kota Cilegon. Uji kompetisi itu juga menurut Helldy, bagian dari upaya membangkitkan industri pariwisata di Kota Cilegon ditengah kondisi Pandemi Covid-19. “Ditengah Pandemi Covid-19, kami berharap sektor pariwisata di Kota Cilegon terus meningkat okupansi hotel dan restoran,” kata Helldy Agustian, Walikota Cilegon.

Diharapkan, sektor pariwisata dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari pajak hotel dan restoran. Dengan uji kompetensi bagi karyawan hotel dan restoran itu, lanjut Walikota Cilegon, bisa membuat kepuasan pengunjung atas pelayanan hotel dan restoran dan membuat sektor tersebut lebih berdaya saing. “Karena saya melihat Kota Makssar PAD dari sektor hotel dan restoran menjadi salah satu penyumbang PAD terbesar, kami berharap Cilegon bisa seperti itu,” ujarnya.

Sementara, Ketua PHRI Kota Cilegon Jueni Suhada mengatakan, dari 2.000 karyawan hotel dan restoran di Kota Cilegon, separuhnya telah menjalani uji kompetensi tersebut. “Kegiatan ini untuk memberikan ilmu agar SDM pekerja hotel dan restoran terus meningkat, apalagi hotel dan restoran kenamaan semakin tumbuh banyak di Cilegon,” kata pria yang akrab disapa Haji Joni.

 

Ia berharap, Pemerintah Kota Cilegon kedepan juga bisa memfasilitasi uji kompetensi gratis bagi pekerja di bidang pariwisata ini. Sebab, kegiatan uji kompetensi saat ini juga dilakukan secara gratis bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI. “Ditengah Pandemi Covid-19, banyak hotel di Cilegon yang gulung tikar, tetapi ada juga yang justru baru dibuka, ini kan juga positif. Kita terus berupaya agar industri pariwisata terus tumbuh,” pungkasnya. []

 

0Shares