Kunjungan ke RSUD Cilegon, Dewan Fraksi PAN Temukan Fasilitas Kurang Terawat

833

CILEGON, BCO.CO.ID – Anggota DPRD Kota Cilegon dari Fraksi PAN melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Daerah Kota Cilegon, Selasa 24 Agustus 2021.

Dalam kesempatan itu, Ketua Fraksi PAN Edison Sitorus dan Wakil Ketua Fraksi PAN Anugerah Chaerullah meninjau sejumlah fasilitas rumah sakit, misalnya Instalasi Gawat Darurat (IGD), serta ruang isolasi Covid-19.

Keduanya itu turut menyerap aspirasi dari manajemen RSUD Kota Cilegon terkait sejumlah hal yang dianggap masih kurang dan membutuhkan dukungan legislatif. Secara umum, Fraksi PAN menilai secara fisik kondisi RSUD Kota Cilegon masih kurang terawat, dan minim tenaga kesehatan. “Saya lihat keramik sudah pecah-pecah. Kaya kurang terawat, atau memang keramiknya kurang bagus. Cat kusam, kabel enggak rapi, ada CT Scan juga yang rusak,” kata Edison Sitorus, Ketua Fraksi PAN kepada wartawan.

Oleh sebab itu, ia mengingatkan untuk segera membenahi fasilitas yang ada agar layanan kesehatan kepada masyarakat berjalan maksimal. Pihaknya juga berjanji bakal membantu rumah sakit untuk menambah anggaran sebanyak 20 persen. “Tapi layanan ke masyarakat harus ditingkatkan juga. Karena banyak keluhan juga dari masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskan Edison, pada awalnya, kunjungannya itu didasari oleh adanya pasien yang meninggal saat mendapatkan penanganan medis di RSUD, salah satunya adalah anggota DPRD Kota Cilegon Sihabudin Syibli. “Teman saya juga ada yang meninggal di sini, karena itu saya perhatian, apakah rumah sakitnya ada sesuatu, atau masyarakatnya,” imbuh Edison.

Wakil Ketua Fraksi PAN Anugerah Chaerullah menambahkan, setelah mengetahui persoalan di rumah sakit plat merah ini pihaknya mengaku akan membahas hal tersebut di legislatif. Persoalan di RSUD Kota Cilegon tersebut juga, lanjut Anugerah Chaerullah, akan menjadi bahan pembahasan di rapat Rencana Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2022. “Dengan seperti ini, pembahasan yang akan dilakukan lebih objektif, sesuai dengan kondisi di lapangan,” terangnya.

Sebagai anggota Banggar, Anugerah pun mendukung jika RSUD perlu mendapatkan tambahan anggaran demi bisa memperbaiki dan meningkatkan pelayanan. []

0Shares