Tertarik dengan Pengembangan Produk Limbah, Sanuji Kunjungi Sanggar Wuni Kreasi

40

CILEGON, BCO.CO.ID – Wakil Walikota Sanuji Pentamarta mengunjungi salah satu rumah produksi milik Sanggar Wuni Kreasi di Kelurahan Tegalratu, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon, Rabu 02 Juni 2020.

Kunjungan ini dilakukan itu untuk mendukung pegiat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar tetap berinovasi mengembangkan potensi usahanya. Sanggar Wuni Kreasi yang mengembangkan program sosial enterprise menjadi perhatian Sanuji lantaran mampu mengembangkan limbah kayu dan drum untuk dijadikan kerajinan dengan nilai tinggi. Disisi lain, pengembangan program sosial juga berjalan baik di Bank Sampah maupun kebudayaan. “Saya mendukung setiap kreatifitas positif yang dilakukan oleh anak-anak muda seperti kang Nurcholis. Pengembangan ini menjadi salah satu program yang bisa membantu pemerintah dalam hal pemberdayaan. Kita dari Pemerintah Kota Cilegon siap hadir di tengah-tengah mereka,” Sanuji Pentamarta, Wakil Walikota Cilegon.

Sanuji menambahkan, Pemerintah Kota Cilegon akan membantu akses permodalan maupun pelatihan-pelatihan untuk peningkatan produk dan pemasaran dari setiap pelaku UMKM. Tentunya hal ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, seperti di Sanggar Wuni Kreasi ini, pemanfaatan limbah kayu dan drum menjadi kegiatan yang tepat lantaran potensi bahan baku dari industri banyak tersedia. “Kami akan mendorong industri melalui Dinas Koperasi dan UKM agar industri dapat mensupport bahan baku limbah kayu maupun tong dan drum untuk dibuat kreasi di Sanggar ini” tuturnya.

Di tempat yang sama, Nur Cholis Founder Sanggar Wuni Kreasi mengatakan, ia melihat potensi limbah kayu dan drum di Kota Cilegon cukup baik untuk dimanfaatkan. Setelah mencoba dengan menggandeng pemuda sekitar, kini berhasil membuat produk kreatif dengan beragam bentuk. “Meski masih bekerja part time, dengan sistem custom, kami berharap pengembangan usaha recycling produk terus berkelanjutan dan tersistem dengan baik dengan pasar yang luas” ucap Nurcholis singkat. []

0Shares