Kebakaran Lahan di Purwakarta Merambat, Gazebo Sekolah Hangus Terbakar

1728

CILEGON, BCO.CO.ID – Sebuah gazebo milik SD IT Purwakarta di Lingkungan Cilentrang, Kelurahan/Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, terbakar oleh api yang berasal dari kebakaran lahan di kawasan tersebut, Kamis 02 September 2021.

Kebakaran tersebut terjadi siang tadi pukul 12.50 WIB. Diduga gazebo ini terbakar karena proses pembukaan lahan di area bukit yang kemudian menjalar.

“Kayaknya buka lahan terus ditinggal pemiliknya, api menjalar dari atas ke bawah dan membakar gazebo. Enggak ada korban, kerugian dari gazebo aja,” kata Nanung Eko Siswanto, Kasie Ops Pemadaman dan Kesiapsiagaan pada DPKP Kota Cilegon.

Eko menjelaskan, kebakaran ini juga dipengaruhi oleh cuaca yang panas dan membuat area yang ditumbuhi alang-alang seluas 3000 meter persegi ini juga ikut dilalap api. Butuh waktu 2 jam lebih untuk mengendalikan kebakaran tersebut sebelum akhirnya petuga yang dibantu warga berhasil memadamkan kebakaran ini. “Dua unit kita kerahkan dibantu warga juga, Alhamdulilah bisa dipadamkan,” jelasnya.

Masih kata Eko, pihaknya dengan tegas kembali mengimbau warga agar tidak melakukan aktivitas pembakaran saat musim kemarau kali ini. Pasalnya, sudah beberapa kali petugas pemadam kebakaran Kota Cilegon melakukan pemadaman pada lahan yang berdekatan dengan permukiman penduduk.

“Ini sudah kejadian beberapa kali yang kita tangani, pesan saya tolong awasi saat melakukan aktivitas bakaran. Apalagi pembukaan lahan jangan sampai di bakar, karena polusinya ini membahayakan dan bisa menjalar ke area yang lain,” pungkasnya. []

0Shares